Jakarta, 24 Agustus 2016 — Majalah Properti Indonesia, untuk kali keempat, kembali menggelar event tahunan penghargaan Properti Indonesia Award (PIA) 2016 yang digelar di Ciputra Artpreneur, Ciputra World 1, Jakarta, Rabu (24/8). Chief Executive Officer (CEO) Majalah Properti Indonesia Said Mustafa dalam sambutannya mengatakan,PIA 2016 merupakan sebuah ajang apresiasi dan penghargaan tertinggi bagi insan properti dan industri penunjangnya, yang memiliki semangat tinggi dalam berkreativitas, berinovasi serta berdedikasi dalam melahirkan produk-produk berkualitas.

Sejak pertama digelar pada tahun 2013, penghargaan ini telah mendapat perhatian serius dan apresiasi tinggi dari para stakeholder di lingkungan industri properti. Untuk tahun ini, PIA 2016 mengambil tema “A Tribute to Creative Innovation Property Industry” yang dimaknai bahwa inovasi tidak boleh hanya berhenti pada pemikiran semata, namun juga harus diaplikasikan dengan semangat berintegrasi tinggi, sehingga dapat menginspirasi bagi industri properti dan berdaya guna bagi masyarakat.

Tema ini sejalan dengan kondisi perekonomian Indonesia di tahun 2016 yang diprediksi akan menjadi periode stabilitas untuk pasar properti, setelah iklim pasar mengalami siklus periode perlambatan sejak tiga tahun terakhir, sekaligus diyakini sebagai momen yang tepat untuk menciptakan inovasi-inovasi terbaru, termasuk evaluasi terkait langkah-langkah yang mesti dilakukan.

“Kami optimis bahwa industri ini akan terus bergulir dan tidak pernah menyurut karena industri properti merupakan industri strategis yang padat modal, padat teknologi, padat karya, bersifat jangka panjang, dan menuntut profesionalitas tinggi dari para pengelolanya. Mereka yang punya komitmen, profesional, dedikasi, dan loyalitas telah menciptakan karya-karya excellent di bidangnya dan mendapatkan apresiasi tinggi dari masyarakat. Kepada mereka inilah Properti Indonesia Award 2016 kembali kami dedikasikan,” ujar Said Mustafa.

Tropi PIA 2016 dimanifestasikan dalam bentuk burung elang, yang perilakunya sarat dengan nilai-nilai, dan sering diasosiasikan dengan kemampuan bertransformasi yang mengagumkan.  Para penerima tropi dapat diumpamakan sebagai elang-elang perkasa yang telah  teruji oleh ruang dan waktu,  mengepakkan sayap-sayapnya  mengubah wajah negeri dengan membangun seluruh subsektor properti, utamanya dalam menyediakan perumahan dan permukiman untuk seluruh strata dan lapisan masyarakat.

Dewan juri Properti Indonesia Award 2016 terdiri dari senior editor Majalah Properti Indonesia dan pengamat industri properti yang diketuai oleh Hendra Hartono yang merupakan CEO PT Leads Property Services Indonesia dan sudah berkecimpung di bidang properti selama sekitar 23 tahun. Setelah melalui proses yang cukup panjang, dewan juri berhasil merumuskan empat kategori peraih penghargaaan, yaitu Kategori Property Development, Supporting Business, Best Developer dan Special Award “Lifetme Achievement”. Dari keempat kategori tersebut, menghasilkan 42 penerima tropi Properti Indonesia Award 2016.

Hendra Hartono mengatakan, para penerima penghargaan PIA 2016 ini telah melalui proses penyeleksian yang cukup panjang. Para kandidat berasal dari pusat data Majalah Properti Indonesia dan sejumlah kuesioner yang dikirim ke para pelaku industri properti sejak 01 Maret hingga 31 Mei 2016.

Sejumlah data ini, kemudian dievaluasi pada 01 Juni 2016 hingga 31 Juli 2016 oleh tim juri yang terdiri atas senior editor Majalah Properti Indonesia serta pengamat properti berdasarkan kriteria yakni visi dan konsep pengembangan, gagasan dan inovasi, kepeloporan, business performance, kepedulian terhadap lingkungan, tanggung jawab sosial perusahaan, reputasi, profesionalitas,  serta kebijakan dan pengalaman yang menginspirasi.

“Selanjutnya dilakukan evaluasi beberapa kali untuk membahas dan menyeleksi daftar kandidat yang masuk dalam kategori shortlisted. Dari daftar shortlisted yang ada, kemudian para dewan juri melakukan proses penyeleksian akhir sehingga menghasilkan 42 pemenang dari masing-masing kategori,” jelas Hendra Hartono.

 

MPI 23 Tahun

Menyinggung usia Majalah Properti Indonesia (MPI), Said Mustafa mengatakan, sudah 23 tahun lamanya Majalah Properti Indonesia hadir di tengah-tengah industri properti di Indonesia.  Sebuah rentang usia yang telah memberi banyak kesempatan kepada Majalah Properti Indonesia untuk menjadi saksi atas kiprah dan prestasi para pengembang, dalam menghadapi siklus pasang surut industri properti negeri ini.

“Kami di Majalah Properti Indonesia juga mengalami gejolak pasang surut, dan kini MPI juga sedang melakukan transformasi yang berlangsung sejak awal 2013 lalu. Properti Indonesia Award merupakan salah satu bentuk layanan hasil transformasi, yang dirancang khusus untuk memposisikan MPI sebagai bagian integral dari the integrated property services. Kami bertekad untuk senantiasa commited dalam melayani aspirasi dan kepentingan para stakeholders industri properti, dalam merealisasikan agenda bersama,” papar Said Mustafa.

Berikut adalah daftar lengkap penerima Properti Indonesia Award (PIA) 2016  

 

KATEGORI SUPPORTING BUSINESS

  1. Bank BTN (The Pioneer Home Loan Bank)
  2. Bank BCA  (The Leading Home Loan Bank)
  3. Bank Mandiri  (The Leading Home Loan Bank)
  4. Bank MNC  (The Progressive Mid Bank in Home Loan)
  5. PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) (The Strategic Institution in Home Financing)
  6. ERA Indonesia  (The Most Recognized Brokerage Firm)
  7. Century 21 Indonesia (The Most Progressive Brokerage Firm)
  8. Hendry Tamzel (The Promising Brokerage Leader)
  9. GunHo & Niken Architect (The Recognized Architect & Consultant Design)
  10. Projek (The Innovative Property Marketing Application)
  11. PT Stareast Sejahtera Group (The Most Prominent New Comer)

 

KATEGORI PROPERTY DEVELOPMENT

  1. CitraLand Surabaya (Highly Recognized Township in Surabaya)
  2. Alam Sutera (Highly Recognized Township)
  3. Jakarta Garden City (The Prospective Township in East Jakarta)
  4. Kota Baru Parahyangan (Highly Commended Township in Bandung)
  5. Citra Maja Raya (The Affordable Township in Banten)
  6. Pakuwon City (The Prospective Housing Development)
  7. CitraGrand City Palembang (The Eco Friendly Housing in Palembang)
  8. Summarecon Bekasi (The Commended Housing in Bekasi)
  9. CitraLand Megah Batam (The Prospective Housing in Batam)
  10. Paramount Village di Semarang (The Prospective Housing Concept in Semarang)
  11. Ciujung Indah (The Recognized Budget Housing in Serang)
  12. CitraLake Suites (The Promising Apartment in West Jakarta)
  13. Grand Sungkono Lagoon (The Iconic Apartment in Surabaya)
  14. Green Central City (The Prospective Apartment in West Jakarta)
  15. Tamansari Prospero (The Prospective Apartment in Sidoarjo)
  16. Baileys City (The Prospective Apartment Project in Ciputat)
  17. Green Palace Residence (The Prospective Apartment in Cikarang)
  18. Tamansari Gangga (The Eco Friendly Condotel Concept)
  19. Grand Lagoi Bintan (The Well Developed Resort in Bintan)
  20. Grand Summit Pecatu (The Prospective Condotel Development in South Kuta)
  21. Centerra (The Prospective Mixed Use Concept in Bogor)
  22. South Quarter (The Iconic Business Park in Jakarta)
  23. Sequis Tower (The Well Designed Office Project in Jakarta)
  24. SOHO Capital (The Well Integrated Office Project in Jakarta)
  25. Lippo Cikarang Industrial Park (The Well Integrated Industrial Estate)
  26. ModernCikande Industrial Estate (The Prospective Industrial Estate in Banten)
  27. CitraAerolink Batam (The Promising Business Hub in Batam)

 

KATEGORI DEVELOPER

  1. PT Lippo Karawaci Tbk. (The Biggest Revenue in Property Industry)
  2. PT Ciputra Development Tbk. (The Best Developer in Business Expansion)
  3. PT Bumi Serpong Damai Tbk. (The Biggest Profit in Property Industry)

 

KATEGORI  SPECIAL AWARD

  1. Ir Ciputra         (Lifetime Achievement Award)

 Piagam 2 Piala 2

2 3 4